12670797_949791355135468_8457962088726508177_n

Salam Terakhir Habib Ali Kwitang

Posted by

Dulu Habib Ali AlHabsyi Kwitang di akhir umurnya di tahun 1968 mengalami pingsan selama kurang lebih 40 hari, beliau hanya berbaring di tempat tidurnya tanpa sadarkan diri. Di dalam keadaan pingsan Habib Ali senantiasa disuapi air zamzam oleh putranya disaat saat diperkirakan di butuhkannya minum sebagai pengganti makanan yang masuk ke dalam badannya.
Sudah kurang lebih 40 hari pingsan pada akhirnya pada hari minggu Habib Ali sadarkan dirinya, disaat itu beliau memanggil sang putra “Ya Muhammad….. antar abah ke hamam (kamar mandi) untuk bersih bersih diri”

Mendengar seperti itu Habib Muhammad terasa senang gembira karena berpikiran Abahnya sudah sehat. Setelah rapi Habib Ali duduk di tempat tidurnya dan meminta kepada putranya Habib Muhammad untuk membaca Qasidah Jadat Sulaima.
“Ya Muhammad aku lihat Rosululloh sudah hadir……. bacalah qasidah jadat sulaima…. Lekaslah baca ayo Bismillah”

Mendengar perkataan sang Abah Habib Muhammad pun menangis dengan sambil membaca Qasidah tersebut dan pada waktu itu Habib Muhammad tak kuasa meneruskan pembacaan Qasidahnya, sampai pada akhirnya Habib Husein bin Toha AlHaddad di panggil ke dalam kamar Habib Ali untuk meneruskan Qasidah tersebut.
Setelah selesai pembacaan qasidah tersebut kembali Habib Ali memanggil sang putra, “Ya Muhammad hari apakah ini?

Dengan cepat Habib Muhammad menjawab “Hari Ahad ya Abah, itu jamaah sudah penuh hadir di Majelis”
Lalu Habib Ali kembali berkata, “Ya Muhammad, kirimkan salamku pada seluruh jamaah dan pintakan maaf atas diriku pada seluruh jamaah. Kalau di setiap perkataan dan kelakuan ada yang terasa salah, pintakan maaf untuk ku pada mereka. Karena sesungguhnya diri ini tidak lama lagi. Sudah datang Rasululloh dan para Datuk datuk kita, bersegeralah ya Muhammad sampaikan salamku dengan bersegera kepada yang hadir”

Lalu Habib Muhammad dengan perasaan sedih yang mendalam akhirnya terpaksa menyampaikan apa yang diperintahkan abahnya tadi, hampir tak kuasa Habib Muhammad untuk menyampaikan apa yang diperintahkan oleh sang abah

Dan tidak lama setelah itu Habib Ali wafat dan sebelum wafatnya Habib Ali mengajak kepada yang ada disekitarnya untuk membaca Talqin zikir Laaillahailalloh…..

*) sebagaimana kembali di ceritakan oleh Almarhum Alhabib Muhammad bin Ali Alhabsyi.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *