664xauto-kisah-anak-anak-belajar-ibadah-saat-ramadan-140707t-001-rev1

Tips Agar Anak Gemar Belajar

Posted by

Assalamu alaikum wr.wb.  bagaimana cara agar anak suka belajar tanpa harus menyuruh? Biasanya kalau disuruh dia sering malas dan kurang konsentrasi. Terima kasih atas solusinya.

Salam, Amuntai, Kalimantan Selatan.

Untuk Salam di Amuntai, ada dua cara yang dapat mengkondisikan anak agar dia memiliki kebiasaan belajar secara mandiri: Pertama, aman, yaitu anak merasakan aman bebas dari kondisi yang “membahayakan” dirinya baik secara fisik maupun psikologis. Kedua, nyaman, yaitu anak merasakan tertarik dan termotivasi untuk belajar.

Pada saat seperti ini tugas orang tua adalah menjadi seorang pelatih emosi anak (trainer).  Untuk diingat, bahwa anak kita sekarang berbeda dengan anak sebelum era tahun 80-an atau bahkan 70-an. Anak pada saat ini serba instan, tidak mau terlalu lama mengikuti proses, dan sebagainya. Kondisi seperti ini yang terkadang menjadi pemicu “kerentanan” yaitu kondisi-kondisi yang tidak aman dan nyaman bagi perkembangan anak. Oleh karena itu, sudah seharusnya bagi orang dewasa dalam hal ini adalah orang tua, untuk menciptakan kondisi yang aman dan nyaman. Ada beberapa cara untuk menciptakan kondisi ini, yaitu; 1) Pahami potensi diri anak secara utuh, misalnya melalui hobi dan kesenangan anak di waktu senggang, 2) Berusahalah untuk menggali dan meningkatkan potensi anak dengan memberikan beberapa kegiatan yang dapat memotivasi anak dengan kreatifitas dan imajinasinya, 3) Usahakan untuk selalu menjadi pengontrol emosi anak, dengan cara selalu memantau kondisi psikologis anak.

Saya yakin, dengan memahami kondisi aman dan nyaman ini, anak akan tumbuh berkembang secara baik, sehingga dia dapat belajar secara mandiri.

sumber Majalah Cahaya Nabawiy

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *