sulaiman-berjaya-lagi

Nasehat Yang Meluluhkan Hati Sultan Harun Ar-Rasyid

Posted by

Suatu hari Harun Al-Rasyid yang tersohor itu meminta nasihat pada salah seorang pembantunya. “Tolong nasihati aku wahai Ibnu Al-Sammak!” katanya.  Harun Al-Rasyid adalah lelaki yang selalu mengerjakan shalat seratus rakaat tiap malam. Mendengar permintaan ini Ibnu Al- Sammak pun bertanya, “Amirul Mukminin, seandainya Anda tidak bisa minum, Anda berani menukar dengan apa?” Harun Al-Rasyid berpikir sejenak. “Saya berani menukar dengan separuh kerajaan saya agar saya dapat minum lagi seperti biasa.”

Ibnu Al-Sammak melanjutkan, “ Amirul Mukminin, jika  Anda bisa minum tapi air yang Anda minum tertahan di dalam mulut, tidak dapat masuk atau keluar, Anda berani menukar dengan apa?” “Saya akan membayar dengan separuh kerajaan lagi,” jawab Al-Rasyid. Mendengar jawaban ini, Al-Sammak kemudian berkata,” Amirul Mukminin, satu kerajaan tidak sebanding dengan seteguk minuman yang tidak berharga. Sekarang Anda tahu bahwa kerajaan Anda ini tidak sebanding dengan segelas air.”

Al-Hasan Al-Bashri pernah mengatakan,” Anak Adam itu sudah dipastikan ajalnya dan sudah dirahasiakan batas cita-citanya. Ia bisa sakit gara-gara kutu dan bisa mati gara-gara batuk rejan.”

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *