Web

Hak Waris Anak Angkat

Posted by

Assalamualaikum. Wr.Wb. Ada keluarga saya nggak punya anak, kemudian mengangkat anak dari keluarga istrinya. Anaknya sekarang sudah berumur 35 tahun dan sekarang ini ingin membagikan harta kepada anak angkat. Yang saya tanyakan,  berapa persen anak angkat dapat warisan? Cara pembagiannya bagaimana? Wassallam.

 

Hairuddin

Denpasar n- Bali

08123632xxx

 

 

Dalam hukum Islam, anak angkat tidak mendapat hak warisan sama sekali. Yang berhak mendapat bagian warisan adalah anak kandung. Oleh karenanya, dalam permasalahan yang anda tanyakan, jika yang anda maksudkan harta yang akan di bagi kepada anak angkat diambil dari harta peninggalan keluarga yang telah  meninggal, maka hal ini tidak boleh karena bukan menjadi haknya. Perkecualiannya adalah jika ada kesepakatan dan kerelaan semua ahli waris yang berhak menerima harta warisan, dengan syarat tidak ada ahli waris yang masih belum aqil baligh. Jika masih ada salah satu dari ahli waris yang masih belum aqil baligh sepeti anak kecil atau anak dewasa namun gila, maka memberikan sebagian dari harta warisan kepada anak angkat hukumnya haram.

Apabila yang anda maksudkan harta yang akan diberikan kepada anak angkat bukan harta peninggalan keluarga yang telah meninggal, tetapi dimaksudkan oleh orang tua angkat yang masih hidup dan dalam keadaan sehat untuk memberikan sebagian dari hartanya kepada anak angkatnya, maka ini bukan tergolong pembagian harta warisan. Ini tergolong hibah atau pemberian sukarela tanpa sama sekali ada kewajiban. KH Mubibbul Aman Ali

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *