potret-berdoa-dari-belakang

Posisi Tangan Ketika Berdoa

Posted by

Assalamu`alaikum Wr.Wb. Ust., ana mau tanya. Waktu berdo’a, posisi dan ketinggian kedua telapak tangan bagaimana? Pandangan mata ke arah mana? Syukron katsir atas penjelasannya.

Ali Aziz

Situbondo- Jatim

085336090xxx

 

Cara yang baik dalam mengangkat tangan ketika berdoa adalah posisi ketinggian tangan setara dengan dua pundak, kecuali jika doa yang dipanjatkan berkaitan dengan sesuatu yang teramat penting sehingga doa dipanjatkan secara sungguh-sungguh, maka kedua tangan diangkat lebih tinggi sampai kelihatan kedua ketiak. Dalam hal ini sunnah mengacungkan jari telunjuk.

Apabila doa yang dipanjatkan berisi permohonan sesuatu, maka posisi telapak tangan mengarah ke atas. Telapak tangan diarahkan ke bawah jika berdoa untuk memohon dijauhkan atau dihindarkan dari sesuatu. Posisi kedua telapak tangan bisa direnggangkan atau dikumpulkan dan pandangan mata mengarah ke bawah atau pada kedua telapak tangan jika keduanya dikumpulkan. Menurut pendapat yang diunggulkan oleh Syekh Ibnul Imad, selain pada doa qunut (do’a yang dipanjatkan dalam shalat) yang lebih utama mengarahkan pandangan mata ke atas.

Setelah selesai membaca doa, disunnahkan mengusapkan kedua telapak tangan ke wajah. Dimakruhkan mengusapkan ke dada atau lainnya. KH Muhibbul Aman Ali

Bughyah Mustarsyidin. Hal. 50-51,  Hasiyah As-Syirwani Juz ll. Hal. 67, Mukhtashor Tasyyidul Bunyan. Hal. 126.Mirqotul mafatih Juz. V.Hal. 12.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *