habib-rizieq-n-habib

Cara Selamat Dari Intimidasi Penguasa Zalim

Posted by

Oleh Syamsul Hari

Siapa saja tentu merasa kesal apabila menghadapi orang-orang zhalim, apalagi yang zhalim itu adalah orang-orang yang berkuasa.  Hendak melakukan perlawanan, ia tak mampu karena tidak mempunyai kekuatan dan apabila diam saja, orang yang zhalim itu bisa kian menjadi-jadi. Lalu, bagaimana cara menyikap orang-orang zhalim supaya selamat dari kesewenang-wenangan mereka?

Berikut ini resep dari Syekh Ibnu Athaillah as-Sakandari ihwal sikap harus diambil saat menghadapi orang-orang lalim. Resep ini beliau abadikan dalam kitabnya, Tajul Arusy:

Tatkala kita mendapat gangguan dari seorang yang zalim, hendaknya kita memasrahkan masalah itu kepada Sang Maha Perkasa. Janganlah kita merasa takut kepada si pelaku, sebab ketakutan itu hanya akan membuat kita kian dipermainkan olehnya. Orang yang beranggapan bahwa segala mara-bahaya dilancarkan oleh makhluk adalah seperti seekor anjing yang dilempar dengan batu. Anjing biasanya melampiaskan marahnya pada batu kemudian menggigitnya. Anjing tak pernah mengerti bahwa sesungguhnya batu bukanlah si pelaku.

Orang yang beranggapan bahwa segala kebaikan terbit dari perilaku manusia adalah seperti halnya seekor kuda yang jinak terhadap kusirnya. Ia akan menggerak-gerakkan ekornya manakala melihat si kusir mendekati dan merawatnya. Oleh karena itu, yakinilah bahwa segala perkara, baik mara-bahaya atau karunia, berasal dari kehendak Allah SWT dan sekali-kali bukan dari selain Dia..….!

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *