www-al-basair-comjpg-fileminimizer

Rasulullah Sebagai Nikmat Teragung Di Surga

Posted by

Dari Robi’ah bin Ka’ab Al-Aslami RA, ia berkata : Aku selalu membantu Rasulullah SAW dan memenuhi segala keperluannya beliau sepanjang harinya aku, Sampai ketika sudah masuk waktu malam aku pun duduk didekat pintu rumahnya Rasulullah SAW mungkin Rasulullah butuh sesuatu maka aku bisa langsung membantunya dan saat itu Rasulullah ada didalam rumahnya, Selama itu aku mendengar Rasulullah didalam rumah sedang membaca dzikir kalimat “Subhanaallah Subhanaallah Subhanaallah wa bihamdihi” Dan itu dilakukan oleh Rasulullah SAW sepanjang malam sampai aku kecapekan dan aku pulang atau aku ketiduran disitu. Sampailah satu hari ketika Rasulullah SAW melihat aku yang selalu mengabdi kepada beliau maka beliau berkata kepada aku : Wahai Robiah mintalah sesuatu kepada aku maka niscaya aku akan memberikan permintaan kamu!!! Maka Aku berkata : Wahai Rasulullah tolong berikan aku waktu untuk aku berpikir apa yang harus aku minta kepada kamu dan nanti aku akan kabarkan kepada kamu wahai Rasulullah!!!.
Maka aku berfikir sendiri, kalau aku minta urusan dunia maka dunia pasti habis dan hancur, Kalau aku minta urusan rezeki Maka sudah ada Allah yg mengatur rezki aku dan yang paling tepat untuk aku minta kepada Rasulullah SAW yaitu urusan akhirat karena Rasulullah mempunyai kedudukan yang sangat tinggi disisi Allah…Akhirnya aku datang kepada Rasulullah SAW dan aku berkata kepada beliau : Wahai Rasulullah aku meminta kepada kamu untuk kamu berdoa kepada Allah supaya aku diselamatkan dari Api Neraka dan dimasukkan didalam Syurga. Kemudian Rasulullah berkata kepada aku : Siapa yang menyuruh kamu untuk minta seperti itu wahai Robi’ah? ia menjawab : Demi Allah yang telah mengutus kamu dengan benar, tidak ada satu orang pun yang menyuruh aku seperti itu, Hanya saja ketika engkau berkata kepada aku maka aku akan berikan,disitu aku berpikir bahwa engkau adalah seseorang yang mempunyai kedudukan sangat tinggi disisi Allah, dan aku melihat kepada diriku ini,kalau aku minta urusan dunia,aku tahu dunia akan habis dan hancur,kalau minta rezki,aku tahu rezki aku sudah diatur allah, maka lebih tepat aku minta kepada kamu supaya aku bisa selamat dihari kiamat kelak. Maka Rasulullah pun terdiam agak lama,kemudian beliau berkata kepadaku : “Aku akan lakukan itu(Aku akan doakan kamu) tapi bantulah aku dengan dirimu sendiri untuk kamu perbanyak sujud…

Dalam riwayat yang lain juga datangnya Dari Robi’ah bin Ka’ab Al-Aslami RA ia berkata : Aku menginap bersama Rasulullah SAW dan aku membawakan air buat wudunya dan untuk keperluan beliau. Kemudian Rasulullah berkata kepadaku : Mintalah? Maka aku menjawab : Aku minta kepadamu supaya aku bersama kamu didalam syurga. Maka Rasulullah SAW menjawab : “Bantulah aku dengan dirimu sendiri untuk kamu perbanyak sujud”.

Makna secara global tentang hadits diatas

Robi’ah sering bersama Rasulullah dan setiap itu ia selalu membawa air untuk wudunya Rasulullah, Selalu melakukan apa yang diinginkan oleh Rasulullah. Rasulullah adalah seorang yang penuh dengan sifat kasih sayang dan segala sifat terpuji dan salah satu sifat terpujinya adalah Membalas kebaikan kepada orang yang berbuat baik kepadanya Sebagaimana disampaikan oleh beliau didalam haditsnya : ” Barang siapa yang berbuat kepada kalian kebaikan maka balaslah dengan kebaikan, kalau kalian tidak bisa membalasnya dengan apa yang kamu miliki maka balaslah dengan mendoakan orang tersebut.”

Dan itu dibuktikan dalam hadits diatas dengan beliau berkata kepada Robi’ah untuk minta kepada beliau apa yang ia inginkan, karena Rasulullah melihat bagaimana semangatnya Robi’ah membantu dan melayani aku.. Adapun Robi’ah seperti sahabat Rasulullah yang lain, yang mana mereka semua mengetahui bahwa dunia itu akan habis dan hancur, Maka Sahabat robi’ah hanya minta suatu yang agung dan untuk yang kekal selama lamanya yaitu dengan minta dimasukkan kedalam syurga dan bisa bersama Rasulullah didalam syurga itu, karena kenikmatan terbesar didalam syurga adalah bisa bersama Rasulullah SAW..

Rasulullah memenuhi permintaannya Robi’ah akan tetapi Rasulullah juga meminta kepadanya untuk melakukan sebab sebab yang bisa menyampaikannya kedalam syurga dan bersama beliau yaitu dengan menggunakan dirinya sendiri untuk memperbanyak Sujud kepada Allah (Sholat)..

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *