habaib2

Kisah Penulisan Kitab Maulid Yang Pertama

Posted by

Adalah Ibnu Dihyah, seorang ulama kelahiran Valensia (Spanyol), yang melakukan penjelajahan ilmu mencari hadits hingga ke berbagai daerah. Setelah puas mereguk ilmu di Andalusia, dia pergi ke Afrika, terus ke Baghdad, Mosul hingga ke Irbil. Sesampai di Irbil pada tahun 604 H, dia terkagum-kagum menyaksikan perayaan maulid yang digelar Kokburi. Tangannya pun tergerak untuk menulis buku yang dinamainya “Kitabut Tanwir fis Sirajil Munir”. Kitab ini berisi untaian syair panjang yang bercerita tentang sejarah hidup Nabi Muhammad SAW, plus sifat-sifat dan puji-pujian kepada beliau. Buku itu kemudian dibacakannya langsung di hadapan Kokburi, dan si penguasa yang terkesima menghadiahinya uang 1.000 dinar.

Ini menjadi kitab maulid pertama yang dibacakan pada setiap peringatan, sekaligus tradisi yang baik. Dari situ, beberapa tahun kemudian, ulama lain melahirkan kitab-kitab maulid yang sejenis, seperti “Banat Su’d” karya Ka’b bin Zubair, “Qashidatul Burdah” oleh Syekh Al-Bushiri, kemudian “Al-Barzanji”, lantas “Ad-Diba’i” dalam waktu yang berbeda-beda. Dan seterusnya hingga “Maulid Al-Habsyi” sekarang ini karya Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi.

 

Dalam hal ini, ulama Kairo (lahir 849 H) yang ‘allamah dan telah menelorkan banyak kitab, As-Suyuthi, menulis dalam kitabnya “Husnul Maqshid Fi ‘Amalil Mawlid”: “Status hukum peringatan maulid – sepanjang, ini hanya terdiri atas orang-orang yang bertemu dan berkumpul bersama, membaca ayat-ayat Qur’an yang cocok, menceritakan kisah-kisah tentang Nabi Muhammad SAW dan mukjizat-mukjizat yang terjadi pada waktu kelahirannya, semua ini kemudian diikuti dengan makan-makan yang disediakan bagi mereka, dan sesudah itu mereka minta diri dan tidak melakukan hal-hal lain – ini adalah bid’ah yang baik (bid’ah hasanah) yang akan mendatangkan pahala karena menunjukkan hormat bagi kedudukan Nabi SAW Inilah ungkapan kegembiraan dan kebahagiaan atas kelahiran beliau SAW yang mulia.”

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *