58363_149118671785945_100000634395190_301581_8308448_n

Cara Hebat Habib Umar Mendidik Anak

Posted by

Kisah pertama. Suatu saat, seorang tukang masak pesantren memberikan memberikan seuntai anggur dari sekian banyak anggur yang diperuntukkan para santri kepada Zainab, putri Habib Umar yang berusia 7 tahun. Zainab bertanya, “Ini milik santri atau bukan?”

“Makan sajalah anggur itu. Tidak ada masalah jika kau ambil.” Jawabnya.

Kemudian Zainab membawa anggur itu untuk ditanyakan kepada ayahnya, Habib Umar. Beberapa saat kemudian dia datang dan berkata, “Kata ayah, jika ini milik santri maka tidak boleh diambil. Jika anggur ini makanan sisa maka saya boleh menerima.” Putri kecil ini pun mengembalikan anggur itu tanpa mencicipinya sedikit pun.

Kisah kedua. Suatu saat, ketika Habib Umar datang dari bepergian, Muhammad (putranya yang berumur 8 th) tengah bermain dengan anak tetangga. Kemudian Muhammad membuat teman mainnya itu menangis. Mengetahui hal tersebut Habib Umar memanggilnya. Muhammad dibawa masuk ke dalam kamar, berdua, dimarahi dengan cara yang tidak biasa. Habib Umar memukul anaknya dengan surban. Sambil berlinang air mata Habib berkata, “Wahai Muhammad anakku, apakah engkau akan memasukkan ayahmu ini ke dalam neraka dengan perbuatanmu?”

“Tidak, ayahku.” Jawab Muhammad dengan terisak penuh penyesalan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *