b6utohiiaaixdyy

Kenapa Rasulullah Begitu Mencintai Utsman Bin Affan?

Posted by

Sy. Utsman bin Affan adalah orang yang pertama kali memenuhi printah Nabi Muhammad SAW untuk berhijrah meninggalkan kesenangan dan kenyamanan hidup bersama keluarga besarnya di Makkah Almukarramah.

Sy. Utsman bin Affan termasuk menantu Nabi Muhammad SAW yang sangat taat kepada mertuanya, maka ia tidak pernah menolak apapun yang diperintahkan oleh sang mertua dalam segala bidang.

Sy. Anas RA menyatakan bahwa orang pertama yang melakukan hijrah dari kalangan umat Islam ke Etiopia adalah Sy. Utsman dan keluarganya. Kala itu Nabi Muhammad SAW bersabda, “Semoga Allah menemani mereka berdua (dengan istrinya). Sesungguhnya Utsman adalah orang pertama yang melakukan hijrah dengan keluarganya setelah Nabi Luth.” (HR. Abu Ya’la).

Nabi Muhammad SAW sangat sering memuji Sy. Utsman bin Affan, bukan sekedar karena adab sopan santunnya yang tinggi dan mulia, bahkan terhadap perilaku kesehariannyapun mendapatkan perhatian yang lebih dari Nabi Muhammad SAW.

Sy. Abu Hurairah RA menyatakan, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Utsman adalah salah satu shahabatku yang perilakunya sangat mirip denganku.” (HR. Ibnu Asakir).

Persaksian Nabi Muhammad SAW ini juga diriwayatkan oleh St. Aisyah sang istri tercinta sebagaimana tertera dalam satu riwayat.

Sy. Aisyah RA menuturkan, sewaktu Nabi Muhammad SAW menikahkan putrinya, Ummu Kultsum dengan Utsman, beliau SAW berkata kepada putrinya, “Sesungguhnya suamimu adalah seorang yang paling mirip dengan kakekmu, Ibrahim dan ayahmu, Muhammad.” (HR. Ibnu Adi).

Kecintaan Nabi Muhamad SAW terhadap Sy. Utsman bin Affan tidak dapat dipungkiri, bahkan beliau SAW selalu ikut memikirkan kehidupan rumah tangga Sy. Utsman bin Affan.
Sy. Ishmah bin Malik RA mengabarkan, ketika putri Rasulullah SAW yang menjadi istri Sy. Utsman RA meninggal dunia, beliau SAW bersabda kepada para shahabat, “Nikahkanlah anak-anak wanita kalian dengan Utsman. Andaikata aku memiliki anak wanita ketiga, maka akan aku nikahkan anak wanitaku itu dengannya, dan aku tidaklah menikahkannya kecuali karena ada wahyu dari Allah.” (HR. Ath-Thabarani).

Sy. Ali bin Abu Thalib RA memberitahukan, Nabi Muhammad SAW bersabda kepada Sy.Utsman RA, “Andai aku memiliki empat puluh anak wanita, niscaya akan aku nikahkan denganmu satu demi satu, hingga tidak tersisa satu pun di antara mereka.” (HR. Ibnu Asakir).

Radhiyallahu ‘an sayyidina Utsman bin Affan fid dun-ya wal akhirah, semoga Allah meridhai Sy. Utsman bin Affan di dunia dan akhirat. KH. Luthfi Bashori

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *