happy-muslim-malay-family

Kunci Rumah Tangga Harmonis

Posted by

Assalamu’alaikum. Ustad, saya mau tanya bagaimana cara supaya rumah-tangga selalu harmonis? Saya merasa suami saya berubah prilakunya terhadap saya. Kata suami saya yang berubah justru saya. Mohon solusinya. Atas jawabannya sukron katsir.

 

Dewi-Lumajang

085785470xxx

 

Subhanallah. Dalam berumah-tangga pasti ada benturan, salah paham, saling menyalahkan. Pemicunya berfariasi, mulai dari hal yang kecil sampai masalah yang besar. Faktanya memang banyak kegagalan rumah-tangga karena komunikasi yang tidak sejalan. Tampaknya yang terjadi pada Anda adalah komunikasi di mana masing-masing saling menyalahkan. Suami menyalahkan istri yang telah berubah, dan istri menyalahkan suami yang telah berubah. Bagaimana kalau komunikasi antara anda berdua dibalik menjadi saling mendukung dan membenarkan. Misalnya, suami berubah untuk lebih mencintai istri, dan istri berubah untuk lebih mencintai suami.

Memang pada kenyataannya semua bisa berubah. Tetapi seyogyanya perubahan ini menuju ke arah yang lebih positif. Bila perubahan terjadi karena mencintai ”orang lain”, itu yang jadi masalah. Untuk kondisi yang terakhir ini pun perlu dikomunikasikan dengan baik. Ada kemungkinan bukan masalah mencintai orang lain, tetapi lantaran cemburu. Alangkah baiknya apabila cemburu ini ditujukan untuk lebih menciptakan suasana baru dalam rumah-tangga. Alangkah baiknya kamu mulai sekarang lebih mencoba membuka hati dan tidak perlu mencari menang-menangan. Lebih baik mengalah untuk menang daripada kalah beneran. Sekali lagi tidak ada kalah menang dalam hubungan suami-istri. Yang ada hanyalah kebersamaan.

Cobalah membaca ta’awudz setiap kali duduk berdua untuk menghindari setan yang terus-menerus menghasut. A’uzubillahi min syaithanirrarjim. Selamat mencoba dan semoga Allah SWT memberikan jalan yang terbaik buat kita semua, alfatihah..!

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *