1

Rahasia Ratibul Haddad

Posted by

Dalam helatan haul Habib Abdullah bib Alwi al-Haddad di Denpasar beberapa waktu silam, Habib Taufiq bin Abdulqadir as-Segaf menerangkan bahwa Al-Habib Abdullah bib Alwi al-Haddad mengarang atau menertibkan Ratibul Haddad pada tahun 1070 H. setelah ada laporan bahwa ada ajaran-ajaran atau aliran-aliran yang mengganggu aqidah para syadah alawiyah di hadramaut. Untuk membentengi mereka, untuk melindungi mereka maka  al-Habib Abdullah bib Alwi al-Haddad membuat ratibul haddad. Karena itu kalangan alawiyyin khususnya para syadah, para habaib jangan meninggalkan ratibul haddad. Karena al-Habib Abdullah bib Alwi al-Haddad menyusun ratib ini untuk melindungi akidah anda. Untuk melindungi keimanan anda.

Setelah disusun ratibul haddad dan sekarang sudah keluar sarah ratibul haddad, dan seluruh yang ada dalam ratibul haddad seluruh berdasar ayat al-Qur’an dan hadits Rasulullah SAW. Jika harus diterangkan satu persatu rahasia ratibul haddad mungkin saya perlu satu bulan untuk menerangkan itu semua.

Al-Habib Abdullah bib Alwi al-Haddad berkata, “man laazama ratibiy razaqullahu khusnul khotimah.” Kalau orang melazimkan (membiasakan) membaca ratibku, maka Allah akan memberi orang mati rizqi mati khusnul khotimah.

Beliau menambahkan, karena itu, diadakan haul ini bukan sekedar hadir, dengarkan dan kemudian dilupakan. Ini semuanya adalah untuk mengingatkan hati kita, mengkoreksi diri kita dan kita meniru jejak mereka.

Ulaaikalladzina hadaallah fabihuda humuqtadih. Merekalah orang-orang yang diberi petunjuk oleh Allah, maka ikuti jejak mereka. Kalau kita disuruh persis mana mungkin bisa. Sholatnya Al-Habib Abdullah bib Alwi al-Haddad saja 200 rokaat tiap hari, siapa yang mampu. Jelasnya jangan sampai kita tidak meniru sama sekali. Jika tidak bisa 100%, 10 % dari Al-Habib Abdullah bib Alwi al-Haddad sudah sangat besar.

Ikuti jejak orang salih. Inllam takuunu mislahum fatasyabbahu inna tasyabbbuha bikiroomi falaakhu. Jika kamu tidak bisa persis seperti mereka, mirip-miriplah seperti mereka. Karena mirip dengan orang yang salih, adalah satu keberuntungan yang sangat besar.

Orang yang kumpulnya dengan orang yang salih, duduk bersama orang yang baik dia akan jadi orang yang dimuliakan oleh Allah. Karton yang biasanya di gudang dan di jual timbangan. Kalau karton itu dijadikan sampul kitab, maka karton itu akan mulia. Karena itu pertahankan cinta kita kepada orang-orang yang salih. Ikuti akhlak mereka. Nggak ada orang yang salih itu nggak punya akhlak. Akhlak mereka tinggi dan agung karena yang diikuti adalah Muhammad rasulullah SAW. Laqod kaana lakum fi rasulillahi uswatun hasanah. Benar-benar rasul Muhammad itu menjadi contoh yang baik.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *