3

Ucapan Yang Mengundang Musibah Dan Penyakit

Posted by

by Syamsul Hari

Mulutmu harimaumu. Peribahasa ini arif sungguh sangat tepat dalam keseharian kita. Betapa tidak, banyak orang yang terjerumus ke dalam musibah dan petaka gara-gara ucapannya. Oleh karena itu, sebagai mukmin kita dianjurkan untuk betul-betul menjaga lisan agar tidak hidup sengsara, baik di dunia sampai akhirat kelak.

Berikut wejangan Habib Muhammad bin Abdullah al-Aydrus ihwal bijaknya menjaga lisan dari ucapan-ucapan yang bisa mengundang musibah dan penyakit:

 

Sesungguhnya ucapan itu seperti anak panah yang kadangkala meleset dan menyisakan rasa sesal sehingga si pengucap akan selalu dihantui rasa bersalah. Janganlah sesekali mengucapkan kalimat bernada sombong yang kerap diucapkan orang-orang seperti, “Panyakit itu takkan pernah mengenai diriku”, “Aku tak pernah butuh pada siapa pun” atau “Musibah itu takkan pernah menimpaku.” Orang yang berucap seperti itu sejatinya takkan luput dari perubahan kondisi, bahkan ia bakal diterpa musibah dengan tiba-tiba akibat ucapannya itu. Perhatikan bunyi sebait syair berikut:

Peliharalah lisanmu dari ucapan “bakal kena cobaan”

Sesunguhnya cobaan itu berpangkal dari sebuah ucapan

Perhatikanlah dengan baik hal-hal yang demikian ini, dan jangan sampai kalian terjerumus ke dalamnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *