images-7

Ciri-Ciri Orang Yang Tawakal

Posted by

images-7

Habib Abdullah bin Alwi al-Haddad pernah mengungkapkan bahwa ciri-ciri orang yang bertawakal ada tiga:

Pertama, ia tidak pernah berharap kepada selain Allah SWT dan tidak pernah takut kecuali kepada Allah SWT. Tanda orang yang memiliki sifat demikian adalah ia tidak pernah meninggalkan ucapan jujur di hadapan orang-orang yang biasanya ditakuti oleh masyarakat seperti pejabat dan pemimpin.

Kedua, ia tidak pernah meresahkan ihwal rejeki karena ia percaya penuh akan jaminan Allah SWT. Hatinya senantiasa tenang, bahkan lebih tenang tatkala ia tidak memiliki apa pun untuk kebutuhannya.

Ketiga, hatinya tidak terguncang tatkala menghadapi sesuatu yang sangat menakutkan. Ia sepenuhnya yakin bahwa apa yang akan menimpanya tidak akan meleset darinya, dan apa yang meleset darinya tidak akan menimpanya..

Kemudian Habib Abdullah bin Alwi al-Haddad bercerita bahwa dahulu ada seorang ulama yang dihukum penguasa dengan dikurung bersama seekor binatang buas. Penguasa tadi berharap sang ulama bakal diterkam dan dimakan binatang buas itu, namun kenyataannya binatang itu sama sekali tidak mengusiknya. Akhirnya ia pun dibebaskan oleh si penguasa.

Setelah bebas, seseorang menghampiri ulama tadi dan bertanya, “Mengapa anda tadi termenung (di dalam kurungan)? Apa yang sedang anda pikirkan waktu itu?”

Dengan santainya sang ulama menjawab, “Aku cuma memikirkan hukum air liur binatang buas itu.”

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *