index

Penyimpangan Silsilah Tuhan Versi Kristen

Posted by

index

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata Silsilah didefinisikan sebagai  asal-usul suatu keluarga berupa bagan, atau catatan yang menggambarkan hubungan keluarga sampai beberapa generasi. Orang-orang Yahudi memberikan  perhatian khusus pada silsilah mereka. Hal ini terlihat dari banyaknya silsilah yang bisa kita temui dalam Perjanjian Lama. Alasannya untuk mengetahui asal-usul  dari seseorang. Kalau di dalam garis keturunan itu ditemukan adanya campuran darah dari orang lain, maka orang yang bersangkutan akan kehilangan haknya untuk disebut sebagai Yahudi.

Tidak hanya orang Yahudi, tapi setiap orang pasti memiliki silsilah, baik itu tertulis atau tidak. Namun apakah Tuhan juga memiliki silsilah? Tentu saja tidak, karena Tuhan tidak beranak dan juga tidak diperanakkan. Dialah yang awal dan Dia pulalah yang akhir. Akan tetapi dalam agama Kristen tidak demikian halnya. Yesus yang mereka anggap sebagai Tuhan ternyata memiliki silsilah. Aneh memang, namun itulah kenyataannya. Mereka meyakini bahwa Yesus adalah jelmaan Tuhan dalam wujud manusia.

Peraih Muallaf Award,  H. Insan LS Mokoginta dalam bukunya yang berjudul 101 Bukti Yesus Bukan Tuhan, pada bukti yang pertama mengatakan “Yang namanya Tuhan (Allah), mustahil bersilsilah. Dia tidak berawal dan tidak berakhir.”  Setiap yang bersilsilah, pasti dia bukan Tuhan! Dan Yesus bersilsilah, berarti Yesus bukan Tuhan !”

Silsilah Yesus dipaparkan dalam Injil Versi Matius pada bagian paling awal, yakni pada pasal 1 ayat 1-16 yang berbunyi:

(1)Inilah silsilah Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham. (2) Abraham memperanakkan Ishak, Ishak memperanakkan Yakub, Yakub memperanakkan Yehuda dan saudara-saudaranya(3) Yehuda memperanakkan Peres dan Zerah dari Tamar, Peres memperanakkan Hezron, Hezron memperanakkan Ram (4) Ram memperanakkan Aminadab, Aminadab memperanakkan Nahason, Nahason memperanakkan Salmon. (5) Salmon memperanakkan Boas dari Rahab, Boas memperanakkan Obed dari Rut, Obed memperanakkan Isai. (6) Isai memperanakkan raja Daud. Daud memperanakkan Salomo dari isteri Uria. (7) Salomo memperanakkan Rehabeam, Rehabeam memperanakkan Abia, Abia memperanakkan Asa. (8) Asa memperanakkan Yosafat, Yosafat memperanakkan Yoram, Yoram memperanakkan Uzia,(9) Uzia memperanakkan Yotam, Yotam memperanakkan Ahas, Ahas memperanakkan Hizkia, (10)Hizkia memperanakkan Manasye, Manasye memperanakkan Amon, Amon memperanakkan Yosia,(11)Yosia memperanakkan Yekhonya dan saudara-saudaranya pada waktu pembuangan ke Babel.(12)  Sesudah pembuangan ke Babel, Yekhonya memperanakkan Sealtiel, Sealtiel memperanakkan Zerubabel,(13) Zerubabel memperanakkan Abihud, Abihud memperanakkan Elyakim, Elyakim memperanakkan Azor,(14) Azor memperanakkan Zadok, Zadok memperanakkan Akhim, Akhim memperanakkan Eliud,(15)  Eliud memperanakkan Eleazar, Eleazar memperanakkan Matan, Matan memperanakkan Yakub, (16)  Yakub memperanakkan Yusuf suami Maria, yang melahirkan Yesus yang disebut Kristus. (Matius 1:1-16)

Kemudian disimpulkan secara garis besar pada pasal 1 ayat 17 yang berbunyi :

Jadi seluruhnya ada: empat belas keturunan dari Abraham sampai Daud, empat belas keturunan dari Daud sampai pembuangan ke Babel, dan empat belas keturunan dari pembuangan ke Babel sampai Kristus. Matius 1:17

Matius dengan mantab mengelompokkan silsilah Yesus dari Abraham menjadi 3 (tiga) kelompok:

  1. Abraham sampai Daud berjumlah 14 (empat belas) keturunan
  2. Daud sampai pembuangan Babel berjumlah 14 (empat belas) keturunan
  3. Pembuangan ke Babel sampai Yesus berjumlah 14 (empat belas) keturunan

Kelompok ke tiga adalah yang paling menarik, yakni dari Pembuangan ke Babel sampai Yesus berjumlah 14 (empat belas)  keturunan. Padahal saat dihitung, jumlahnya 15 (lima belas) keturunan. Mari kita buktikan:

Nenek moyang Yesus yang hidup pada masa pembuangan Babel (Babilonia) adalah Yosia, seperti disebutkan oleh Matius 1:11-12

Yosia memperanakkan Yekhonya dan saudara-saudaranya pada waktu pembuangan ke Babel. Sesudah pembuangan ke Babel, Yekhonya memperanakkan Sealtiel, Sealtiel memperanakkan Zerubabel.( Matius 1:11-12)

Sedangkan silsilah Yesus dari  masa pembuangan Babel dijelaskan dalam Matius 1:11-16, yang kemudian bisa kita bikin suatu bagan silsilah sebagai berikut:

Berdasarkan bagan silsilah di atas, terbukti silsilah Yesus dari masa pembuangan ke Babel yakni Yosia sampai pada Yesus, secara keseluruhan berjumlah 15 keturunan dan bukan 14. Anehnya, Matius dengan mantab mengatakan jumlahnya 14 keturunan. Jika memang Alkitab adalah Firman Tuhan, mengapa terjadi kesalahan jumlah seperti ini? Mungkinkah firman Tuhan bisa salah?  Tidak mungkin, kecuali Alkitab adalah buah karya tangan manusia .

Selain pada Injil versi Matius, silsiah Yesus juga terdapat pada Injil versi Lukas, tepatnya pada  pasal yang ketiga. Lukas bahkan menyebutkan lebih banyak orang yang terlibat dalam silsilah Yesus daripada  Matius. Berikut ini adalah perbandingan silsilah Yesus menurut Matius dan Menurut Lukas:

Silsilah  Yesus dari Abraham sampai Daud

MATIUS 1:1-6 LUKAS 3:31-34
1.Abraham 1.Abraham
2.Ishak 2.Ishak
3.Yakub 3.Yakub
4.Yehuda 4.Yehuda
5.Peres 5.Peres
6.Hezron 6.Hezron
7.Ram (???) 7.Arni
8.Aminadab 8.Aminadab
9.Nahason 9.Nahason
10.Salmon 9.Salmon
11.Boas. 11.Boas
12.Obed 12.Obed
13.Isai 13.Isai
14.daud 14.Daud

 

Silsilah Yesus dari Daud sampai masa Pembuangan di Babel

MATIUS 1:6-11 LUKAS 3:28-31
1.Daud 1.Daud
2.Solomo 2.Natan
3.Rehabeam 3.Matata
4.Abia 4.Mina
5.Asa 5.Melea
6.Yosafat 6.Elyakim
7.Yoram 7.Yoram
8.Uzia 8.Yusuf
9.Yotam 9.Yehuda
10.Ahas 10.Simeon
11.Hizkia 11.Lewi
12.Manasye 12.Matat
13.Amon 13.Yorin
14.Yosia 14.Elizer
??? 15.Yesua
??? 16.Er
??? 17.Elmadam
??? 18.Kosam
??? 19.Adi
??? 20.Malkhi

 

Silsilah Yesus dari masa Pembuangan di Babel sampai ke Yesus

Matius Lukas
1.Yosia 1.Malkhi
2.Yekhonya 2.Neri
3.Sealtie 3.Sealthie
4.Zerubabel 4.Zerubabel
5.Abihud 5.Resa
6.Elyakim 6.Yohanan
7.Azor 7.Yoda
8.Zadok 8.Yosekh
9.Akhim 9.Simei
10.Eliud 10.Matica
11.Eleazar 11.Maat
12.Matan 12.Nagai
13.Yakub 13.Hesli
??? 14.Nahum
??? 15.Amos
??? 16.Matica
??? 17.Yusuf
??? 18.Yanai
??? 19.Malkhi
??? 20.Lewi
??? 21.Matat
??? 22.Lewi
14.Yusuf 23.Yusuf
15.Yesus 24.Yesus

 

Berdasarkan tabel di atas, tampak sekali perbedaan-perbedaan yang sangat mencolok antara silsilah Yesus menurut Matius dan Menurut Lukas. Mengapa kedua silsilah tersebut, baik nama orangnya  mau pun jumlah generasinya banyak sekali yang berbeda? Jika Injil Matius dan Injil Lukas adalah firman Tuhan, mungkinkah Tuhan pilih kasih terhadap Lukas sehingga Tuhan tidak memberikan informasi yang lengkap kepada Matius? Padahal dalam daftar ke 12 murid Yesus, justru Lukas yang tidak termasuk Murid Yesus.

Orang Kirsten umumnya kebingungan menjelaskan fakta ini. Mereka berkilah bahwa Matius menulis berdasarkan jalur Yusuf dan Lukas dari jalur Maria atau sebaliknya. Sungguh ini merupakan argumentasi yang sangat ngawur. Sejak kapan orang Yahudi menulis silsilah berdasarkan jalur ibu? Semua mereka tulis berdasarkan jalur ayah. Baik Matius mau pun Lukas, keduanya menempatkan Yusuf di atas Yesus. Artinya, Yusuf adalah ayah Yesus dan ini membuktikan bahwa kedua Injil tersebut ditulis berdasarkan jalur ayah, yakni Yusuf.

Inilah sedikit dari ribuan pertentangan dan kontradiksi yang ada dalam Alkitab. Semakin dikaji, semakin terbukti bahwa Alkitab bukanlah kitab suci, melainkan buah karya tangan manusia belaka.

Allah SWT berfirman:

“Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Quran? Kalau kiranya Al Quran itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya. “An Nisaa:82) .

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *